Masukkan Code ini K1-9DBE36-X
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Selasa, 20 April 2010

ISTILAH-ISTILAH TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI



Security testing : Dilakukan untuk menguji mekanisme proteksi
Stress testing : Pengujian yang dirancang untuk menghadapkan suatu
perangkat lunak kepada situasi yang tidak normal.
Pengujian Black Box: Digunakan untuk menguji fungsi-fungsi khusus dari perangkat lunak yang dirancang. Kebenaran perangkat lunak yang diuji hanya dilihat berdasarkan keluaran yang dihasilkan dari data atau kondisi masukan yang diberikan untuk fungsi yang ada tanpa melihat bagaimana proses untuk mendapatkan keluaran tersebut.
Pengujian White Box:digunakan untuk mengetahui cara kerja suatu perangkat lunak secara internal Pengujian dilakukan untuk menjamin operasi-operasi internal sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dengan menggunakan struktur kendali dari prosedur yang dirancang.
Architectural validation: Top-down integration testing lebih baik digunakan dalam menemukan error dalam sistem arsitektur.
System demonstration:Top-down integration testing hanya membatasi pengujian pada awal tahap pengembangan system.
Test implementation:Seringkali lebih mudah dengan menggunakan bottom-up integration testing
Basis path testing : Digunakan untuk melakukan pengujian bahwa semua jalur independent terlewati semua. Paling tidak suatu jalur minimal harus terlewati sekali.
Implementasi : merupakan tahap dimana sistem siap untuk dioperasikan, hal ini dilakukan setelah penulisan kode program, uji stem dan penggabungan masing-masing sub sistem.
Antarmuka pengguna: (bahasa Inggris: user interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
Algoritma : merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.
Programming-in-the Small: Menguji atau mencoba fitur-fitur yang mendukung dengan Pengkodean program modul-modul tunggal dan program-program kecil oleh kepentingan Programmer secara individu.
Programming-in-the Large: Pemrograman ini merujuk pada pengembangan sebuah system yang keseluruhannya dipengeruhi oleh koordinasi atas sekelompok orang (Sofware Engineer), dimana setiap engineer membuat respon komponen-komponen pada system dengan bagian yang berbeda-beda.
Rekayasa (Engineering): aplikasi terhadap pendekatan sistematis yang berdasar atas ilmu pengetahuan dan matematis serta aplikasi tentang produksi terhadap struktur,mesin, produk, proses atau sistem.
Software Specification: apa yang harus dilakukan oleh perangkat lunak dan batasan/kendala pengembangannya
Software Development: proses memproduksi sistem perangkat lunak
Software Validation : pengujian perangkat lunak terhadap keinginan pengguna
Software Evolution : perubahan perangkat lunak berdasarkan perubahan keinginan.
Understandability : membuat proses secara eksplisit didefinisikan dan bagaimana sehingga mudah untuk mengerti definisi proses
Visibility : Aktifitas proses menghasilkan hasil yang jelas sehingga tahapan proses yang dilakukan terlihat
Supportability : Aktifitas Proses dapat didukung atas CASE tools
Acceptability :Penerimaan atas proses yang terdefinisi dan yang digunakan oleh Engineer selama pembangunan Produk Perangkat Lunak.
Reliability : Proses didesain dalam suatu metode untuk dihindarkan dari kesalahan
Robustness : Proses dapat meneruskan dalam masalah yang tidak diharapkan terjadi
Maintainabiity :Proses yang merefleksi atas perubahan thd permintaan atau perbaikan proses yang diidentifikasi
Rapidity : bagaimana cepat dapat berjalan atas proses pengiriman atau implementasi sebuah sistem dari Spesifikasi yang ada sampai selesai.
Integrasi : Pengujian terhadap unit-unit program yang saling berhubungan (terintegrasi) dengan fokus pada masalah interfacing. Dapat dilaksanakan secara top-down integration atau bottom-up integration.
Recovery testing: Pengujian dilakukan dimana sistem diusahakan untuk gagal, kemudian diuji normalisas

By Admin

Tidak ada komentar: